Manfaat Senyum Dalam Islam Berdampak Pada Kesehatan Psikologi dan Sosial

Manfaat Senyum berdasarkan ajaran Islam juga berdampak Pada Kesehatan Senyum memang hal yang sangat luar biasa. Siapa yang tidak senang jika di berikan satu hal ini? ketika kita lagi suntuk lagi sedih dan sedang loyo tiba-tiba ada orang yang lewat menyapa sambil tersenyum manis kepada kita secara otomatis tanpa sadar kita membalas senyuman mereka dan tanpa kita sadari sesaat membalasnya masalah yang kita alami terlupakan sejenak.

Manfaat Senyum Dalam Islam


Itulah sedikit khasiat sakti dari senyuman, Banyak sekali manfaat senyum jika kita mau menelitinya kembali, dari segi islam, baik bagi kesehatan, dan menurut pesikologi senyuman adalah hal yang sangat berharga. Anda sudah berada pada tempat yang tepat, karena disini akan di jelaskan manfaat senyuman bagi orang yang menerimanya dan yang memberikannya.

Menfaat Senyuman Menurut Pandangan Islam

Didalam islam juga di terangkan tentang senyum, Rosul saja selalu memberikan contoh yang baik untuk koumnya seperti sebuah riwayat hadist di Bawah ini :

Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa Sallam merupakan seorang suami yang penuh canda dan senyum dalam kehidupan rumah tangganya.. Aisyah Radliyallahu’anha mengungkapkan, ”Adalah Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa Sallam ketika bersama istri-istrinya merupakan seorang suami yang paling luwes dan semulia-mulia manusia yang dipenuhi dengan gelak tawa dan senyum simpul.” (Hadits Riwayat Ibnu Asakir)

Dari sepenggal hadis di atas dapat kita ambil pelajaran sebuah contoh mulia dari nabi tentang sikap nabi kepada para istrinya yaitu menjadi pribadi yang selalu gembira dan wajah yang di hiasi dengan senyuman. Saya cuplikkan lagi sebuah riwayat hadist agar lebih mantap.

Diriwayatkan At-Tirmidzi, Al-Husein Radliyallahu’anhu, cucu Rasulullah SAW menuturkan keluhuran budi pekerti beliau. Ia berkata, ”Aku bertanya kepada Ayahku tentang adab dan etika Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa Sallam terhadap orang-orang yang bergaul dengan beliau. Ayahku menuturkan, ‘Beliau Shallahu ‘alaihi wa Sallam senantiasa tersenyum, berbudi pekerti lagi rendah hati, beliau bukanlah seorang yang kasar, tidak suka berteriak-teriak, bukan tukang cela, tidak suka mencela makanan yang tidak disukainya. Siapa saja mengharapkan pasti tidak akan kecewa dan siapa saja yang memenuhi undangannya pasti akan senantiasa puas…..” (Riwayat At-Tirmidzi)

Sudah tambah mantap bukan, rosul adalah orang yang di cintai oleh para sahabatnya karena memiliki budipekerti yang baik, sebuah hadis juga menerangkan bahwa "tidak di utus rosul kecuali untuk memperbaiki budipekerti" Nah salah satu budi pekerti yang selalu nabi peraktekkna adalah dengan wajah yang selalu dihiasi oleh senyuman. 

Di atas sudah di jelaskan sabda Rosull sekarang kita bahas manfaat dan keutamaan senyuman kepada orang lain berdasarakan Islam Sabda Rosull Nabi Muhammad, yuk simak baik-baik :

1. Bernilai Ibadah Rosullullah Bersabda:“Senyummu ketika berjumpa saudaramu adalah ibadah.” ( HR al-Baihaqi no. 7935)


2. Menhargai Kebaikan Dari Abu Dzarr Radiyallahu ‘anhu ia berkata, : Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa sallam bersabda  :


”Janganlah kamu memandang rendah sedikitpun suatu kebajikan, walaupun sekedar kamu bertemu  saudaramu dengan wajah berseri-seri”. (HR Muslim no.2626.).


3. Menjadi Obat Hati, Fikiran dan Jiwa Rasulullah bersabda :


” Janganlah kamu terlalu membebani jiwamu dengan segala keseriusan hidup. Hiburkanlah dirimu dengan hal-hal yang ringan dan lucu kerana jikalau jiwa terus dipaksa memikul beban-beban yang berat, ia akan menjadi keruh.” ( HR Ibnu Majah no. 1130)


4. Dapat menenangkan hati yang marah dan emosi orang lain dan diri sendiri. Anas bin Malik meriwayatkan, dia berkata,


” Suatu hari aku dan para sahabat berjalan bersama-sama Rasulullah s.a.w. Ketika itu baginda memakai selimut dari daerah Najran yang hujungnya agak kasar. Tiba-tiba baginda bertemu dengan seorang Badwi( Arab Pedusunan). Tanpa disangka, lelaki Badwi itu langsung menarik selimut Rasulullah s.a.w dengan kuat sehingga aku melihat kesan merah di bahu baginda. Lelaki Badwi itu dengan kasar berkata, “Suruh orangmu memberi harta Allah kepadaku yang engkau simpan sekarang juga!” Kelakuan kasar dan sombong si Badwi tersebut membuatkan para sahabat sangat marah dan ingin mengajarnya. Namun Rasulullah melayani sikap kasar lelaki Badui itu dengan senyuman dan berkata kepada kami dengan senyum manis pula, “Berilah lelaki ini makanan apa sahaja yang dia mau. Kami lantas memberi si Badui makanan yang dia pinta. Dan kami tidak jadi mengajar si Badui kerana senyuman Rasulullah s.a.w.
( HR at-Tabrani no. 7695 )
5. Amal sholih yang murah namun benilai tinggi Dari Abu Dzar Radhiyallahu anhu berkata :


“Bahwa beberapa orang dari Sahabat berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Wahai Rasulullah! Orang-orang kaya telah pergi dengan membawa banyak pahala. Mereka shalat seperti kami shalat, mereka puasa seperti kami puasa, dan mereka dapat bersedekah dengan kelebihan harta mereka.” Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Bukankah Allah telah menjadikan bagi kalian sesuatu yang dapat kalian sedekahkan? Sesungguhnya pada setiap tasbih adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah dari yang mungkar adalah sedekah, dan salah seorang dari kalian bercampur (berjima’) dengan istrinya adalah sedekah.” Mereka bertanya : “Wahai Rasulullah! Apakah jika salah seorang dari kami mendatangi syahwatnya (bersetubuh dengan istrinya) maka ia mendapat pahala di dalamnya?” Beliau menjawab : “Apa pendapat kalian seandainya ia melampiaskan syahwatnya pada yang haram, bukankah ia mendapatkan dosa? Maka demikian pula jika ia melampiaskan syahwatnya pada yang halal, maka ia memperoleh pahala.” (HR. Muslim no. 720, 1006)
Sungguh luarbiasa manfaat senyuman, dampaknya bagi kesehatan diri sendiri dan berdampak bagi orang lain pula. Yuk mari kita membiasakan tersenym kepada orang lain dengan saling peduli dan rasa empati kesesama manusia. Ada beberapa manfaat smile untuk kesehatan dan psikologi simak ya di bawah ini:

Khasiat Plus Manfaat Senyuman Bagi Kesehatan

1. Senyum bisa mengurangi depresi (stress)
Ketaka seseorang sedang mengalami depresi karena suatu permaslahan dapat terlihat dari ekspresi wajahnya, dengan tersenyum bisa membuat hati menjadi lebih senang. Tips senyum berikan senyuman terbak anda kepada orang yang anda sayangi saat bersedih, lihat hasilnya.

2. Senyum Membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh
Senyum dapat membantu sistem daya tahan tubuh untuk bekerja lebih baik. Saat seseorang tersenyum maka fungsi imun meningkat yang membuat orang yang tersenyum menjadi lebih rileks dan terhindar dari penyakit seperti flu dan pilek.

3. Senyum mengontrol tekanan darah
Saat tersenyum maka ada penurunan nilai tekanan darah yang terukur. Cobalah mengukur tekanan darah saat duduk di rumah sambil membaca, lalu tersenyum selama 1 menit dan mengukur tekanan darah kembali, maka akan terlihat perbedaan.

4. Senyum bisa jadi obat antinyeri alami di hati dan di tubuh
Senyum dapat melepaskan endorfin, penghilang rasa sakit dan serotonin.
Penelitian telah menunjukkan bahwa senyum dapat melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat yang alami.

5. Obat awet mudah alami
Lipatan senyum di wajah mampu membuat orang terlihat lebih muda
Otot-otot yang dibekerja untuk tersenyum dapat membantu mengangkat wajah sehingga membuat orang tampak lebih muda. Karenanya cobalah lebih sering tersenyum yang membuat merasa lebih muda dan lebih baik.

Manfaat Senyuman Menurut Pakar Psikologi

Berdasarakan ucapan para pakar psikologi bahwa senyuman itu akan menambah kecantikan pada wanita sebesar 20%. Menurut saya pribadi memang benar, orang lain yang tersenyum lebih tampak menawan bahkan bagi pria atau laki-laki akan terlihat lebih tampan saat stersenyum.


manfaat senyum cantik


Ada kutipan lagi mengenai senyum berdasarkan pandangan psikologi yang sangat luar biasa:


"Senyum lebih berharga dibanding sebuah pemberian yang dihadiahkan seorang pria. Dan, lebih menarik dari lipstik dan bedak yang menempel di wajah seorang  wanita."


Bagaiamana menurut anda? Sudah puaskan dengan banyaknya manfaat senyuman. Dari pembahasn di atas sudah dijelaskan dampak posistif senyum bagi dirisendiri dan hubungan sosial kesesama manusia. Seblum akhir pembahsa artikel ini saya akan merangkumkan isi artikel ini :


Manfaat Senyum Yang Luar Biasa 


  • Satu hal yangg biasa menjadi  spesial
  • Ringan tidak bersuara tetapi penuh makna
  • Murah tetapi tidak ternilai dengan Uang
  • tidak bertenaga tetapi besar motivasinya
  • Sesuatu hal yang mudah tetapi selalu tampak indah
  • Ibadah yang paling mudah tetapi pahalanya setara dengan sedekah
Demikian ulasan yang cukup panjang mengenai Manfaat Senyum Dalam Islam Berdampak Pada Kesehatan Psikologi dan Sosial Semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa di postingan manfaat yang lainnya. Terimakasih salam senyum :-)

4 Responses to "Manfaat Senyum Dalam Islam Berdampak Pada Kesehatan Psikologi dan Sosial "

wdcfawqafwef