Manfaat Membaca Buku

Taukah Anda Manfaat membaca buku setiap hari ? Membaca adalah kegiatan meresapi dan menganalisa agar dapat memahami pesan yang di sampaikan oleh penulis dari sebuah media tulis yang tersedia. Sekarang anda sudah mengerti definisi membaca bukan.

manfaat membaca buku
Tumpukan Buku


Dengan membaca buku kita mendapatkan berbagai manfaat untuk kehidupan, baik secara langsung ataupun  tidak langsung. Sangat di sayangkan kebiasaan membaca di negara kita masih sangat sedik padahal jika kita mengerti betapa besarnya efek positif dari membaca buku (tentunya buku yang posistif) akan berdampak bagi kepribadian, kecerdasan dan hubungan sosial ke sasama masyrakat.

8 Manfaat Membaca Buku - Rahasia di Balik Membaca
anak membaca buku


Delapan Manfaat Dari Membaca Buku

1. Mudah Dalam Memahami Pengetahuan
Ini suadah bukan menjadi rahasia lagi, sudah banyak siswa maupun mahasiswa yang suka membaca rata-rata memiliki kemapuan memahami pelajaran yang di terima di bandingkan dengan orang yang melas membuka buku. Ini di karenakan otak di latih untuk mengerti apa yang di sampaikan oleh penulis dan alhasil mereka lebih mudah mengerti pelajaran.

2. Mengasah Kemampuan Berfikir
Jika anda merasa sulit dan lamaban dalam berfikir cepat, Membaca buku menjadi salah satu solusi terbaik untuk melatih kecepatan berfikir anda. Ibarat sebuah pedang jika selalu di asah ketajamannya maka pedang itu semakin tajam dan sebaliknya jika tidak pernah di asah akan selalu tumpul, ironisya otak kita lebih parah dari itu jika tidak pernah di gunakan maka justru makin melamban. Dengan membaca otak akan tambah kuat aik secara mengingat dan mudah dalam memahami, sel otak semakin banyak yang berfungsi sehingga anda akan semakin pintar, manfaat secara memori anda akan lebih banyak tahu kosakata baru.

4. Menambah Pengetahuan dan Wawasan Luas
Anda ingin menjadi pintar dan menarik perhatian orang lain? Yup dengan membaca anda bisa menjadi orang yang pintar, pegetahuan yang di peroleh dari membaca sangat tidak terbatas karena semakin banyak anda membaca anda akan semakin pintar. Tidak hanya itu wawasan yang di dapat semakin luas, anda akan banyak mengerti dari pada orang yang jarang membaca. Ilmuan besar dan orang pintar-orang pintar mereka semua gemar memabca.

5. Kemampuan Menulis Menjadi Terasah
Apakah Anda ingin menjadi penulis, tapi tidak ada inspirasi atau tidak tau cara menulis yang benar? Hobi membaca menjadi satu-satunya jalan keluar untuk mengasah kemampuan menulis. Sebuah seminar kepenulisan yang saya ikuti memaparkan bahwa kemampuan seorang dalam mengarang dan menulis di sebabkan karena hobi dalam membaca. Tips jika anda baru ingin membiasakan membaca adalah dengan memilih buku yang topiknya benar-benar anda sukai, misalkan anda hobi bermain bola dan cinta banget dengan sesuiatu yang berhubungann dengannya maka mulailah mencari dan membaca buku yang berkaitan dengan bola atau hobi anda.

6. Pede Berbicara Di Depan Umum (Public Speaking)
Merasa grogi jika berbicara di depan orang banyak ? Lagi-lagi membaca buku dapat membantu anda lebih konfiden saat tampil di depan umum. Pengetahuan dan persiapan yang matang akan mengurangi grogi panggung, salah satu saolusinya adalah dengan membaca materi yang akan di sampaikan secara mendalam. Memabaca dapat melatih nda menjadi lebih kreativ dan menambah kosakata bahasa jadi anda tidak akan canggung lagi ya setidaknya mengurangi grogi.

7. Mengurangi Resiko Penyakit Alzheimer
Dengan membaca anda bisa langsung meningkatkan daya ikat otak. Saat membaca, otak akan dirangsang secara teratur dapat membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer. Banyak penelitian yang menyatakan dengan membaca buku atau majalah dan lain-lain dapat mencegah kehilangan memori dan menunda lupa. Kegiatan ini dapat merangsang sel otak menjadi tehubung satu sama lain ddan berkembang terus.

8. Meningkatkan Kuliatas Dan Pengembangan Diri
Anda mengerti motifator terkenal di negara kita seperti Pak Mario Teguh dan lainnya? Mereka juga lho membaca buku, pak Sukarno saja predsiden pertama saja untuk berpidato beliau membaca beberapa buku agar mendapat inspirasi, hasilnya saat beliau menyampaikan pidatonya semua orang yang mendengarkannya terkagum-kagum. Nah inilah salah satu manfaat besar dari membaca buku.

Sebulum artikel ini, saya ingin menyampaikan sebuah testimoni mengenai keuntungan khasiat dari membaca buku. Awalnya sebelum saya suka menulis dan masih berwawasan sempit dulu di kenal orang yang biasa saja di mata teman-teman, namun ketika saya mulai tertarik membaca banyak buku saya mengerti banyak hal yang orang lain yang tidak membaca tidak tahu, dan haslinya menurut teman teman saya adalah orang yang pintar dan memiliki wibawa. Heemmm kayaknya mereka salah deh nilai kayak gitu hehehe.

Demikian ulasan tentang delapan Manfaat Dari Membaca Buku yang sangat luar biasa. Semoga dapat bermanfaat dan biasakan dari sekarang untuk menyempatkan waktu 15 menit untuk membca Sampai jumpa di postingan selanjutnya.
Sumber gambar : sdistiqomah.sch.id

0 Response to "Manfaat Membaca Buku"

Posting Komentar

wdcfawqafwef